Yayasan Baitul Hikmah Elnusa

Kontak

021-7829511

admin@baitul-hikmah.com

GRAHA ELNUSA, Jl.TB Simatupang Kav 1B Cilandak Jakarta Selatan 12560

Program YBHE

Jadwal Sholat
Latest Blog Entries
YBHE Blackberry Launcher

Galakkan Penanaman Pohon, Selamatkan Bumi

28 November 2011 | 28 November 2011 M Oleh: Admin Baitul-hikmah.com

baitul-hikmah.com, Melalui Reforest Indonesia, Panin Bank mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menanam pohon demi keberlangsungan kehidupan di muka bumi ini.

Oleh karena itu, Panin Bank mengoordinasikan program corporate social responsibility (CSR) nasional dalam bidang penghijauan. Hingga November 2011,program ini telah menanam 50.917.123 bibit pohon di seluruh Indonesia. Negeriinisungguhberuntung lantaran dikaruniai kekayaan alam melimpah, salah satunya hutan hujan tropis yang luasnya mencapai 10% dari total dunia. Sayangnya,hutan yang merupakan paru-paru dunia terus terkikis jumlahnya dari 162 juta hektare pada 1950 menjadi 95 juta hektare pada 2005.

Berdasarkan studi Bank Dunia, Indonesia menempati posisi ketiga terbesar penghasil emisi gas rumah kaca, yang utamanya disebabkan penggundulan hutan. Peningkatan emisi gas karbondioksida (CO2) itu jika terjadi secara persisten akan memacu pemanasan global dan merusak lapisan ozon, yang berarti mengancam kelangsungan hidup makhluk di muka bumi. Masyarakat di seluruh dunia pun meresponsnya sebagai isu global dan lantas mengampanyekan aksi penyelamatan bumi melalui gerakan peduli lingkungan.

Dari berbagai macam gerakan peduli lingkungan, yang terpopuler adalah penanaman pohon. Sebagai wujud kepedulian terhadap komunitas dan lingkungan sekitar, Panin Bank juga ingin berkontribusi menyelamatkan bumi dari ancaman pemanasan global. Melalui program Reforest Indonesia, Panin Bank bermitra dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk menggalakkan program penghijauan secara nasional.

Panin Bank melalui program tanggung jawab sosial perusahaan yang disebut Panin Peduli sejak lama terlibat dalam program penanaman pohon,suatu cara yang populer dan mudah dilakukan, tetapi memerlukan komitmen bersama dan aksi yang terusmenerus tanpa henti untuk menuai hasilnya. Sejak 2005, Panin Bank telah memfasilitasi penanaman sekitar 15 juta pohon hutan hujan tropis yang bisa tumbuh dengan cepat seperti sengon laut (Albazia falcataria) dan trembesi yang juga dikenal sebagai ki hujan (Samanea saman) di 40 kota seluruh Indonesia.

Kala itu, penanaman difokuskan di area sekitar kantor cabang Panin Bank, rumah karyawan dan nasabah, serta komunitas lain seperti sekolah dan kawasan umum seperti tepi jalan dan taman. Pada 2010,Panin Bank kembali mendistribusikan 60 ton (setara dengan 350 juta) biji trembesi dan membagikan 6 juta polybag untuk menyemai benih tanaman.Tercatat ratusan karyawan Panin Bank telah menanam sejuta pohon di hampir semua kota di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 90 ton benih yang dibagikan gratis,60 ton melalui paguyuban Budi Asih Istana Kepresidenan dan 30 ton lewat TNI.

Sejak itu pula bank dengan total aset lebih dari Rp109 triliun itu berinisiatif mengawal aksi dukungan bagi program penghijauan. Panin Bank menjalin kemitraan yang erat dengan sejumlah lembaga seperti UNICEF dan agensi mitranya, The Lions Club.Kegiatan lain adalah kampanye dan pelatihan publik yang ditunjang 50 petugas teknis terlatih. Di bawah koordinasi seorang manajer, para petugas bekerja lintas negara dan terlibat dalam ajang-ajang terkait bersama peserta lain dari berbagai negara.

Panin Bank memastikan program Reforest Indonesia sejalan dengan program penanaman 1 miliar pohon yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta skema program Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD+) yang dikoordinatori PBB. Program penghijauan nasional yang dilakoni Panin Bank juga mencakup penanaman kembali di area tertentu seperti kawasan Gunung Merapi yang mengalami kerusakan cukup parah akibat erupsi tahun 2010.

Pada 2011 dan 2012, Panin Bank juga berkomitmen melanjutkan program penanaman pohon dengan bermitra bersama perusahaan lokal dan multinasional untuk menjangkau lebih banyak lagi individu dan organisasi agar berkontribusi dalam kegiatan mulia ini. Panin Bank juga telah melatih 52 orang green officer yang tersebar di seluruh cabang utama Panin Bank dan telah siap memfasilitasi masyarakat yang ingin menjadi mitra peduli lingkungan (green partner).

Panin Bank juga membuka akses bagi calon green partner untuk bergabung di program penyelamatan bumi ini melalui website panin.co.id dan seluruh kantor cabang Panin Bank di seluruh Indonesia. Setiap green partner akan diberi reforest set secara cumacuma berupa bibit/pohon trembesi dan atau sengon laut,polybag, serta buku panduan. Selanjutnya, pohon bisa ditanam di tempat masing-masing. Trembesi (Samanea saman) didaulat sebagai salah satu pohon penghijauan dalam program Reforest Indonesia lantaran kemampuannya menyerap karbondioksida hingga 28,5 ton lebih per tahun.

Komitmen Panin Bank untuk melaksanakan program penghijauan nasional secara berkelanjutan itu berbuah apresiasi.Pada Juli lalu,Panin Bank dianugerahi Indonesia Best Environmental Initiative Award dari Asian Banking Finance Magazine. Kategori ini merupakan yang pertama kali diberikan kepada bank yang sudah membantu mengatasi masalah pemanasan global tersebut.

● inda susanti

http://www.seputar-indonesia.com

Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar.
Tinggalkan komentar anda: