Yayasan Baitul Hikmah Elnusa

Kontak

021-7829511

admin@baitul-hikmah.com

GRAHA ELNUSA, Jl.TB Simatupang Kav 1B Cilandak Jakarta Selatan 12560

KEGIATAN ITIKAF 1435 H

AGENDA RAMADHAN 1435 H

Jadwal Imsakiyah 1435 H

Program YBHE

Jadwal Sholat
Latest Blog Entries YBHE Blackberry Launcher

Tunisia Akhirnya Izinkan Foto KTP Wanita yang Berjilbab

3 April 2011 | 03 April 2011 M Oleh: Admin Baitul-hikmah.com

baitul-hikmah.com, Pemerintah transisi Tunisia Jumat lalu mengumumkan bahwa mereka akan merubah beberapa aturan untuk memungkinkan foto perempuan memakai jilbab di kartu tanda penduduk (KTP) sebagai bagian dalam menghormati kebebasan individu.

Tidak seperti Iran dan Arab Saudi di mana perempuan memang diwajibkan untuk mengenakan jilbab, Tunisia pada masa pemerintahan Presiden Zine El Abidine Ben Ali yang telah digulinggkan justru melarang wanita untuk berjilbab.

Kementerian dalam negeri mengatakan perubahan itu terjadi sepanjang momentum Revolusi Jasmine dan untuk menjamin penghormatan terhadap kebebasan publik dan individu.

Sebuah peraturan yang diterbitkan pada tahun 1993 menetapkan harus terlihatnya rambut, wajah dan mata dalam foto KTP, tapi sekarang pemerintah transisi tengah berusaha mengubah peraturan tersebut untuk memungkinkan wajah dan mata saja yang boleh terlihat dengan kata lain wanita berjilbab yang menutupi rambutnya bisa menggunakan foto seperti itu dalam KTP mereka.

Pada Februari lalu pemerintahan transisi Tunisia telah memperbolehkan foto KTP untuk pria berjenggot, dalam sikap untuk menerima penganut Islam ketat yang sebelumnya dilarang selama pemerintahan sekuler Ben Ali.

Oposisi dan organisasi hak asasi manusia telah mengutuk rezim Ben Ali atas tindakannya mempersempit kebebasan perempuan mengenakan jilbab, yang mereka sebut sebagai tindakan melanggar kebebasan individu.(fq/aby)

eramuslim

Artikel News Lainnya :

2 Responses
Tinggalkan komentar anda: